SYL - OSO Tandatangani Kesepahaman APPSI dan DPD RI

By Admin

Foto/Istimewa  

- Syahrul : Gubernur dan Senator akan Kawal Program Strategis Provinsi.

nusakini.com - Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) bersama para gubernur seIndonesia bertemu dengan anggota DPD RI pada Forum Dialog Antara APPSI dan DPD RI di The Westin Hotel di Jakarta, Senin (08/05/17). Pada akhir Forum dialog tersebut SYL dan Oesman Sapta Odang (OSO) tandatangani nota kesepahaman antara APPSI dan DPD RI. 

Nota kesepahaman bersama antara Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia dengan Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia, kesepahaman ini sebagai bentuk sebuah komitmen meningkatkatkan kerjasama dan dukungan timbal balik pelaksanaan tugas konstitusional DPD RI dan APPSI. 

Adapun beberapa poin penting dalam Nota Kesepahaman Bersama ini: 

# Bersama-sama meningkatan hubungan DPD dengan Pemerintah Daerah guna memperbaiki koordinasi hubungan kerja antara DPD dengan Pemerintah Daerah dalam upaya mendukung program prioritas daerah di berbagai sektor pembangunan nasiona. 

# Membangun upaya bersama dalam mengawal program-program pembangunan daerah di bidang infrastruktur, kesehatan, pendidikan, pertanian perkebunan, kehutanan dan lingkungan hidup, perindustrian, perdagangan, kelautan dan perikanan, ketahanan pangan, energi, sumberdaya mineral pariwisata, riset dan teknologi untuk dapat prioritaskan oleh pemerintah pusat. 

# Mengambil langkah dan upaya bersama dalam rangka meningkatkan pembangunan daerah untuk mengatasi kesenjangan antar wilayah. 

# Mengambil langkah bersama dalam memperjuangkan kepentingan daerah dalam meningkatkan dana transfer pusat ke daerah sebagai upaya nyata daerah dalam pengentasan kesenjangan. 

# Memfasilitasi upaya promosi potensi daerah kepadainvestor dari negara sahabat dalam rangka meningkatkan investasi daerah. 

# Meningkatan kerjasama dalam rangka pengawasan dan efektifitas implementasi otonomi daerah 

# Melakukan kajian bersama tentang potensi sengketa kewenangan dalam hubungan pusat dengan daerah, dan antar daerah serta pola pola penyelesaiannya. 

# Mengembangkan upaya bersama dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan memastikan pembangunan yang masif dilakukan di daerah perbatasan dan wlayah kepulauan sebagai teras negara. 

# Mendukung pembangunan daerah yang berbasis transparansi dalam pengelolaan keuangan daerah. 

Gubernur Syahrul dalam sambutannya mengatakan bahwa forum dialog ini diharapkan mampu menjadi sebuah langkah pasti dalam membangun sinergitas demi percepatan pembangunan daerah. " Saya sangat berharap dengan forum dialog ini kedepan para senator dan para gubernur akan berjalan seirama dlm mengawal program strategis provinsi " ujar SYL (p/mk)